Kamis, 13 Maret 2014

Desa Penglipuran, Desa Paling Laris Paling Eksis



Apakah anda gemar menonton tv dan menikmati tayangan FTV? Sudah pasti anda tahu apakah nama tempat ini. Ya, Desa Penglipuran yang berada di Kabupaten Bangli, Bali, acapkali menjadi tempat syuting FTV. Tak bisa dipungkiri jika Panglipuran merupakan desa yang sangat indah!

Memiliki udara yang bersih, panorama luar biasa cantik dantanpa kendaraan. Mungkin itulah pernyataan yang tepat untuk Desa Panglipuran, salah satu desa yang tak hanya tercantik di Bali namun juga di Indonesia.

Bagaimana tidak? Rumah desain tradisional yang berderet di samping jalan menanjak. Suasana segar sungguh terasa, berbagai kendaraan seperti mobil dan motor tidak bolah masuk ke area desa dan diparkir di samping gapura, itulah yang membuat udara di Panglipuran sehat bebas asap knalpot.

Penglipuran bisa dibilang mempunyai alam yang sejuk karena berada di ketinggian mencapai 700 mdpl. Nama 'Panglipuran' sendiri berarti tempat suci demi mengenang para leluhur.

Jangan heran bila desa ini memang begitu natural, batu-batu alam tertata rapi menjadi jalan, berbagai bunga indah warna warni tumbuh subur seperti mawar, bougenvile, kamboja dan bunga lainnya yang sangat memanjakan mata setelah sekian lama berkutat dengan pekerjaan berat.

Setiap rumah memiliki gerbang atau pintu masuk yang bernama 'angko-angko' terbuat dari tanah liat. Pintu masuk ini memang sengaja dibuat tidak besar agar kendaraan tak bisa masuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar